alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Proyek Pipanisasi SPAM Bocor, Permukiman Warga Purwakarta Tergenang

Asep Supiandi
Proyek Pipanisasi SPAM Bocor, Permukiman Warga Purwakarta Tergenang
Permukiman warga yang tergenang air akibat pipanisasi SPAM bocor. Foto/Istimewa

PURWAKARTA - Permukiman warga di Kampung Karang Anyar RW 06 dan Perum Graha Marina 1 RW 08 Desa Maracang, Kecamatan Babakancikao, Purwakarta, tergenang akibat bocornya proyek pipanisasi sistem penyediaan air minum (SPAM).

"Seharusnya bekas galian-galian sambungan SPAM segera dirapikan kembali, tidak dibiarkan terbengkalai. Dalam kasus ini terdapat 30 rumah terdampak," kata tokoh pemuda setempat, Rustam, kepada awak media, Selasa (17/9/2019).

Dia mengemukakan, kejadian pipa bocor berawal dari Kampung Karang Anyar RT20/06, lalu melebar ke Perum Graha Marina RT 26/8. Sehingga warga pun meminta pertanggung jawaban pihak pengembang proyek atas kerugian yang diderita.



Sementara itu, pelaksana proyek SPAM dari PT Adhi Karya Azis mengatakan, kebocoran yang terjadi ini dalam masa uji coba dikarenakan pipa yang sudah terpasang belum stabil. "Akibat dari tekanan air yang begitu kuat, maka dalam uji coba itu kebocoran terjadi," kata Azis.

Sebelumnya, ujar dia, kebocoran sempat terjadi tetapi di titik berbeda dan sudah diperbaiki. “Namun kini terjadi lagi di titik yang berbeda," ujar dia.

PT Adhi Karya, tutur Azis, berkomitmen mengganti untung kepada dengan memberikan kompensasi sejumlah uang bagi warga yang rumahnya tergenang air.



(awd)