Naturalisasi Fabiano Temui Jalan Buntu, Robert Kecewa

Selasa, 17 September 2019 - 16:19 WIB
Naturalisasi Fabiano Temui Jalan Buntu, Robert Kecewa
Pemain Persib Bandung, Fabiano Rosa Beltrame. Foto/SINDOnews/Agus Warsudi
A A A
BANDUNG - Saat menghadapi Semen Padang, skuat Persib Bandung tak diperkuat oleh bek Fabiano Rosa Beltrame. Dia gagal bermain di Liga I 2019 lantaran proses naturalisasi Fabiano menemui jalan buntu.

Fabiano direkrut Persib dari Madura United sebagai pemain naturalisasi. Proses pengajuan untuk mendapat paspor Indonesia pun sudah dilakukan Fabiano sejak awal musim.

Akan tetapi hingga penutupan pendaftaran di putaran kedua, Fabiano tak kunjung mendapatkan pengesahan sebagai warga negara Indonesia (WNI) dari pemerintah.

Sementara itu di putaran kedua, Febiano, pemain asal Brazil ini, tak didaftarkan sebagai pemain asing, karena kuota pemain asing bagi Persib Bandung telah penuh.

Kenyataan itu membuat pelatih Persib Robert Rene Alberts kecewa. Pasalnya, Robert telah memproyeksikan Fabiano untuk memperkuat lini pertahanan Maung Bandung.

"Terkait Fabiano, saya sangat kecewa. Untuk Fabiano, tidak mudah setiap hari terus menunggu dan akhirnya dia tak bisa bermain. Di sepak bola, pemain seperti Fabiano yang mempunyai kualitas dan kepribadian bagus, tentu dia ingin bermain," kata Robert saat konferensi pers pre-match di Graha Persib, Jalan Sulanjana, Kota Bandung, Selasa (17/9/2019).

"Harusnya kami tahu lebih cepat bahwa dia (Febiano) tidak akan mendapat paspor Indonesia dalam waktu dekat. (Jika tahu lebih awal) kami bisa memberikan tindakan lain untuk Fabiano," ujar dia.

Robert menuturkan, meski gagal mendapatkan status WNI, Fabiano masih tercatat sebagai pemain Persib. Namun untuk sementara waktu, selama putaran kedua Liga 1 2019 berlangsung Fabiano meminta izin untuk pulang ke Brazil.

"Kami sudah berdiskusi dengan Fabiano. Dia akan tinggal di Bandung, menunggu proses naturalisasinya selesai. Setelah itu dia akan membuat keputusan," tutur pelatih asal Belanda ini.

Robert mengungkapkan, siap menerima kembali Fabiano pada Liga 1 2020 musim depan bila proses naturalisasinya selesai. Namun, bila Fabiano belum juga mendapatkan status sebagai WNI, Persib terpaksa melepas pemain yang tahun depan berusia 38 tahun itu.

"Jika Fabiano masih punya hasrat untuk kembali ke Persib Bandung, saya akan memberikan satu tempat untuknya. Karena dia menunjukan kualitas bagus dan profesional. Dia juga punya kepribadian bagus untuk tim," pungkas Robert.
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.8553 seconds (0.1#10.140)