Karst Citatah Ditargetkan Raih Predikat Geopark Nasional 2020

Senin, 16 September 2019 - 20:46 WIB
Karst Citatah Ditargetkan Raih Predikat Geopark Nasional 2020
Kepala Disparbud Jabar Dedi Taufik berpose di salah satu spot foto di kawasan Karst Citatah. Foto/Istimewa
A A A
BANDUNG - Pemerintah Provinsi Jawa Barat menargetkan, kawasan Karst Citatah di Kabupaten Bandung Barat (KBB) meraih status Geopark Nasional pada 2020 mendatang dan menjadi destinasi wisata unggulan di Jabar.

Untuk mewujudkannya, Pemprov Jabar akan melakukan berbagai pembenahan di kawasan tersebut. Langkah awal adalah meminta Pemerintah KBB menginventarisasi lahan, khususnya di sekitar objek wisata Stone Garden yang menjadi bagian dari Gunung Masigit, Desa Citatah, Kecamatan Cipatat.

Kepala Dinas Pariwisata Jabar, Dedi Taufik mengatakan, perbaikan mendasar yang menjadi sasaran adalah aksesibilitas untuk memudahkan kedatangan wisatawan dari berbagai daerah, termasuk wisatawan mancanegara.

Terlebih, Stone Garden telah masuk dalam Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 72 Tahun 2018 sebagai salah satu geopark yang akan dikembangkan di Jabar menjadi Geopark Nasional dengan nama Geopark Rajamandala.

"Jalan dan fasilitas akan dibenahi, termasuk ketersediaan air juga jadi catatan kami, termasuk edukasi untuk menjaga kelestarian alam. Makanya, pembenahan yang dilakukan nanti tidak akan sembarangan karena aspek lingkungan harus tetap dijaga," jelas Dedi di Bandung, Senin (16/9/2019).

"Kami optimistis wilayah ini menjadi Geopark Nasional tahun depan. Dengan luas lahan sekitar 30 hektare, Stone Garden dan Indiana Camp bisa menjadi objek wisata unggulan di Jawa Barat, bahkan nasional," ujar Dedi melanjutkan.

Dalam kesempatan itu, dia juga menyatakan bahwa pengembangan Karst Citatah tak hanya terbatas di sektor wisata alam. Sebab, kata Dedi, ada elemen budaya yang bisa juga menjadi daya tarik bagi wisatawan dengan konsep pertunjukan kesenian tradisional.

"Festival budaya akan digelar di Stone Garden sebagai agenda tahunan. Ini menjadi faktor penting untuk menarik wisatawan," katanya.
(abs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.5943 seconds (0.1#10.140)