alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Pamor Bandara Kertajati Akan Naik dengan Kebesaran Nama BJ Habibie

Agung Bakti Sarasa
Pamor Bandara Kertajati Akan Naik dengan Kebesaran Nama BJ Habibie
Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Majalengka. Foto/Dok SINDOnews

BANDUNG - Airport Operation and Performance Group Head PT Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Agus Sugeng Widodo mengatakan, selama ini  bandara berkode KJT tersebut belum memiliki nama selain nama desa dan kecamatan di mana bandara itu berada, yakni Kecamatan Kertajati, Kabupaten Majalengka.

"Kalau kami masalah nama tidak ada masalah, soalnya tidak memengaruhi masalah operasional. Cuma, pamor dan nama Bandara Kertajati akan naik dengan kebesaran nama BJ Habibie," ujar Agus, Senin (16/9/2019).

Selama ini, lanjut Agus, baru ada dua nama yang diusulkan untuk nama bandara tersebut, yakni KH Abdul Halim yang merupakan pahlawan nasional kelahiran Majalengka dan Bagus Rangin yang merupakan tokoh perjuangan yang juga dari Majalengka.



"Untuk nama kan pemerintah daerah yang mengusulkan, melalui DPRD ke Kementerian Perhubungan, dilakukan kajian, baru disahkan. Selama ini pun belum ada nama bandara dinamai Bandara BJ Habibie," ujarnya.

"Kalau nama Habibie, memang sudah diidentikkan dengan dunia penerbangan, pakar penerbangan, bukan hanya di Indonesia tapi tingkat dunia," ujarnya.

Diketahui, gagasan  penggantian nama BIJB menjadi Bandara BJ Habibie sendiri berawal dari petisi petisi Change.org bertajuk "Mengganti nama Bandara BIJB Kertajati menjadi Bandara BJ. Habbie" yang diprakarsai oleh Ihsan joe ini.

Responden yang menandatangani petisi tersebut menyatakan dukungannya. Mereka menilai, BJ Habibie yang bernama lengkap Bacharuddin Jusuf Habibie itu sangat layak diabadikan sebagai nama bandara yang berlokasi di wilayah timur Provinsi Jabar itu.

Terlebih, mereka juga menilai, sosok BJ Habibie sangat lekat dengan bidang kedirgantaraan lewat inovasinya dalam bidang penerbangan, khsususnya pembuatan pesawat.

Sampai Senin (16/9/2019) pukul 15.00 WIB, petisi tersebut telah ditandatangani 658 orang. Menurut mereka, gagasan  tersebut tepat untuk mengenang berbagai jasa BJ Habibie, khususnya di bidang kedirgantaraan. (Baca juga: Soal Ganti Nama BIJB Jadi Bandara BJ Habibie, Ridwan Kamil Bilang Begini).



(zik)