alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

CIMB Niaga Buka Digital Lounge di ITB

Arif Budianto
CIMB Niaga Buka Digital Lounge di ITB
CIMB Niaga membuka Digital Lounge di Kampus Institut Teknologi Bandung (ITB), Kamis (16/9/2019). Fasilitas ini untuk memperkenalkan digitalisasi perbankan kepada mahasiswa. Foto/SINDOnews/Arif Budianto

BANDUNG - PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) memperluas penetrasi bisnis ke segmen mahasiswa dengan membuka Digital Lounge di Kampus Institut Teknologi Bandung (ITB), Kamis (16/9/2019).

Fasilitas tersebut dilengkapi dengan layanan digital perbankan seperti pembukaan buku rekening, transaksi, dan lainnya. Juga terdapat fasilitas yang modern dan ruang berinteraksi dan belajar yang menyenangkan. Digital Lounge ini pertama di Kota Bandung dan ketiga untuk kampus, dari total 30 digital lounge di Indonesia.

Direktur Consumer Banking CIMB Niaga Lani Darmawan mengatakan, pembukaan fasilitas di ITB merupakan upaya CIMB Niaga membidik segmen mahasiswa. Karena, dari sisi potensi cukup besar.



"Sebelumnya kami telah memulai di dua kampus lainnya di Jakarta dan Yogyakarta. Responsnya cukup bagus dan bisa mendongkrak jumlah rekening kami dari segmen mahasiswa. Karena di situ kami menyediakan berbagai solusi perbankan yang cocok bagi generasi milenial," kata dia.

Menurut Leni, upaya CIMB Niaga merupakan langkah untuk mengenalkan finansial inklusif kepada mahasiswa sehingga kelak mereka mengerti keuangan. Mahasiswa juga pintu masuk untuk digitalisasi. Apalagi, ITB telah memulai membangun startup.

"Di sini kami sudah paperless dan semua digital. Misalnya buka rekening secara cepat dan tanpa kertas. Kami berharap dari sini mahasiswa mulai berpikir paperless kemudian cashless. Pada tahap selanjutnya, cardless atau transaksi tanpa kartu, sehinga mempersedikit penggunaan uang tunai," beber dia.

Menurut Lani, Digital Lounge dulu hanya bisa dilakukan di kantor cabang, kini dapat dilakukan lebih praktis dengan dukungan fasilitas yang modern, di antaranya mesin digital Self Service Banking (SSB) yang dapat melayani pembukaan rekening tabungan baru menggunakan KTP elektronik hanya dalam waktu 5 menit. Juga fasilitas video banking yang dapat melayani transaksi finansial dan non-financial, informasi produk dan layanan, keluhan nasabah, hingga fasilitas untuk berfoto selfie.

Digital Lounge juga dapat melayani tarik setor tunai (TST); pendaftaran branchless banking seperti CIMB Clicks, Go Mobile, dan Rekening Ponsel; pembuatan, blokir, reaktivasi, dan hapus kartu debit; hingga referral kartu kredit, KPR dan Personal Loan.

Sementara itu, Rektor ITB Kadarsyah Suryadi mengapresiasi upaya CIMB Niaga memperkenalkan digitalisasi kepada mahasiswa ITB. Hal itu sejalan dengan upaya ITB mendorong tumbuhnya startup. Saat ini, telah ada 112 startup yang dibimbing ITB.

"Mahasiswa juga ber-experience di sini. Ini akan membantu para mahasiswa mengenal digitalisasi perbankan. Apalagi, pada 2030 diprediksi 50 persen lapangan kerja akan didominasi digital. Sekarang sudah terlihat dari perbankan," ujarnya.



(zik)