Pendaki Cilik Fayyadh Disambut Butiran Es di Puncak Gunung Gede

Senin, 16 September 2019 - 06:48 WIB
Pendaki Cilik Fayyadh Disambut Butiran Es di Puncak Gunung Gede
Fayyadh Qaishar Syafiq, pendaki cilik yang dua kali menaklukkan puncak Gunung Gede. Foto/Istimewa
A A A
BOGOR - Pendaki cilik asal Cipondoh Tangerang, Fayyadh Qaishar Syafiq (11) melakukan pendakian kedua di Gunung Gede, Desa Suka Tani, Cipanas, Bogor.

Pada pendakian kali ini yang berlangsung dari Jumat hingga Minggu 13-15 September 2019, Fayyadh disambut butiran es yang menghampar di sekitar Pos Surya Kencana, tempat para pendaki bermalam sebelum menuju puncak Gunung Gede.

Suhu berkisar 3-5 derajat celcius pada pagi hari sekitar pukul 05.30 WIB, membuat sejumlah pendaki terhenti. Mereka memilih waktu lebih siang untuk melakukan pendakian karena cuaca cukup ekstrem.

Meski demikian, Fayyadh tetap bersemangat menuntaskan puncak gede dengan ketinggian 2958 meter diatas permukaan laut (MDPL). Dari puncak gede, pendaki dapat melihat secara langsung gagahnya gunung Pangrango dan ribuan tenda yang di bangun di Surya Kencana.

Fayyadh mengaku senang dengan pendakian ini. Apalagi, ujarnya, setiap pendakian selalu saja ada hal-hal baru yang menarik untuk dijelajahi.

"Senang, meski cuaca cukup ekstrem. Setiap mendaki, ada hal baru yang bisa ditemui, terutama cuaca," kata Fayyadh, Minggu (16/9/2019).

Sebelumnya Fayyadh pernah melakukan pendakian di Gunung Gede pada April 2019. Saat itu, dia disambut hujan besar yang tak kunjung henti.

Meski cuaca ekstrem, jelang peralihan musim, namun ribuan pendaki memadati Surya Kencana untuk melakukan pendakian dan jelajah alam.

Sementara itu, Reza Alfarizi, anggota tim pendamping yang menemani Fayyadh, mengatakan, pendakian kali ini cukup menguras energi. Selain jumlah pendaki cukup banyak sehingga terdapat antrean di setiap pos.

Untuk menghindari cuaca yang sangat dingin, membuat sejumlah pendaki memilih waktu lebih siang agar bisa menuju puncak.

"Cuaca ekstrem banyak yg memilih naik puncak gede di atas jam enam pagi, biasanya dari subuh sudah berangkat," kata Reza.

Kali ini, pendakian Fayyadh dan tim pendakian dilakukan melalui jalur putri dengan melalui pos 1 sampai pos 5. Kemudian dilanjutkan bermalam di Surya Kencana dan paginya langsung menuju puncak dengan ketinggian 2958 MDPL.
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.8936 seconds (0.1#10.140)