Borneo Muda Desak Pemerintah Tindak Tegas Pembakar Hutan di Kalimantan

Sabtu, 14 September 2019 - 14:16 WIB
Borneo Muda Desak Pemerintah Tindak Tegas Pembakar Hutan di Kalimantan
Kordinator Presidium Nasional Borneo Muda Harianto Minda. Foto/Istimewa
A A A
BANDUNG - Presidium Nasional Borneo Muda mendesak pemerintah menindak tegas para pelaku pembakaran hutan di Kalimantan.

Tidak hanya itu, Borneo Muda juga meminta pemerintah menaikkan status kebakaran hutan tersebut sebagai bencana nasional.

Diketahui, pembakaran hutan, tepatnya di Provinsi Kalimantan Tengah dan Kalimantan Barat menuai banyak kecaman dari masyarakat.

Bahkan, kabut asap di dia provinsi tersebut sudah berstatus awas atau berbahaya dan sejumlah korban pun berjatuhan dalam musibah ini.

Kordinator Presidium Nasional Borneo Muda Harianto Minda menegaskan bahwa bencana kabut asap ini sangat merugikan banyak pihak, baik masyarakat Indonesia maupun negara tetangga.

"Pelaku pembakaran harus segera ditangkap karena ini bencana yang setiap tahun dialami masyarakat," tegas Harianto dalam keterangan tertulisnya yang diterima SINDOnews, Sabtu (14/9/2019).

Pria yang akrab disapa Jevo itu juga meminta pemerintah menaikkan status bencana kebakaran hutan itu sebagai bencana nasional.

"Statusnya harus dinaikan menjadi bencana nasional, agar persoalan asap segera hilang dan kita tidak malu lagi kepada negara tetangga," tandasnya.
(abs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.1436 seconds (0.1#10.140)