Wisuda 63 Mahasiswa TIA, Toyota Siap Songsong Era Industri 4.0

Sabtu, 14 September 2019 - 10:09 WIB
Wisuda 63 Mahasiswa TIA, Toyota Siap Songsong Era Industri 4.0
Presiden Direktur PT TMMIN Warih Andang Tjahjono (tengah) berbincang dengan salah seorang siswa TIA. Foto/SINDOnews/Nilakusuma
A A A
KARAWANG - Akademi Manufaktur Automotif Toyota Indonesia Academy (TIA) menggelar wisuda kelulusan 63 mahasiswa. Lulusan program diploma 1 dan diploma 2 angkatan ke-4 ini diharapkan berketrampilan tinggi dan menguasai teknologi guna menyongsong revolusi industri 4.0.

Sebanyak 63 wisudawan itu terdiri dari angkatan ke-4 jurusan Teknik Pemeliharaan Mesin Automasi dan angkatan ke-1 jurusan Tata Operasi Perakitan Kendaraan Roda 4.

Mereka menerima predikat Diploma 1 (D1) dan Diploma 2 (D2) serta sertifikat keahlian berstandar nasional dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP)

Presiden Direktur PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Warih Andang Tjahjono mengatakan, Toyota Indonesia Academy (TIA) berdiri pada 2015 lalu.

TMMIN, kata Warih, mendirikan TIA bertujuan untuk membangun sumber daya manusia (SDM) manufaktur industri yang menjadi nilai inti (core value) dalam meningkatkan daya saing industri automotif.

"Ini angkatan ke-4 untuk jurusan Pemeliharaan Mesin Automasi. Sedangkan untuk jurusan Tata Operasi Perakitan Kendaraan Roda 4 merupakan angkatan pertama. Harapan kami mereka dapat berperan dalam meningkatkan efesiensi industri melalui pembelajaran di bidang logistik, pemeliharaan, dan kontrol kualitas," kata Warih, Sabtu (14/8/2019).

Menurut Warih, TIA merupakan salah satu upaya TMMIN mempersiapkan sumber daya manusia yang mampu bersaing, terutama dalam menghadapi perubahan, seperti revolusi industri 4.0.

Lulusan TIA, ujar dia, diharapkan mampu menjembatani teori dengan praktek kerja nyata sehingga dapat meningkatkan produktifitas dan efesiensi.

"Saat ini, dari empat angkatan yang sudah kami selenggarakan itu, sudah 159 siswa yang menempuh pendidikan di TIA. Semua lulusan itu terserap dengan baik di industri automotif Indonesia," ujar dia.
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.1424 seconds (0.1#10.140)