Wacana Ganti Nama BIJB Menjadi Bandara BJ Habibie, Ini Respons Bupati Majalengka

Jum'at, 13 September 2019 - 14:15 WIB
Wacana Ganti Nama BIJB Menjadi Bandara BJ Habibie, Ini Respons Bupati Majalengka
Bupati Majalengka Karna Sobahi. Foto/SINDOnews/Inin Nastain
A A A
MAJALENGKA - Wacana penggantian nama Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Majalengka menjadi Bandara BJ Habibie menjadi pembicaraan hangat di kalangan netizen. Bahkan, sudah muncul petisi untuk penamaan itu.

Terkait hal itu, Bupati Majalengka Karna Sobahi mengaku belum mengetahui secara pasti terkait wacana itu. Karna mengaku hanya mengetahui tentang rencana Gubernur Jawa Barat yang akan menyematkan nama Presiden ke-3 RI tersebut untuk sebuah proyek besar.

"Belum baca ya. Yang saya dengar itu bahwa Pak Gubernur dalam acara pemakaman Pak Habibie kemarin, nama Pak Habibie akan diabadikan dalam sebuah proyek besar di Jawa Barat. Tidak menunjuk apakah BIJB atau Waduk Jatigede, atau apa namanya, atau jalan, belum itu," kata Karna seusai menghadiri acara pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan pengawas PDAM Majalengka di Aula Kantor PDAM Majalengka, Jumat (13/9/2019).

Disinggung wacana penamaan BJ Habibie untuk BIJB itu sebuah langkah serius, Karna menanggapinya secara diplomatis bahwa biasanya nama bandara diambil dari tokoh di tempat bandara itu.

"Yang sudah berjalan tradisi untuk nama sebuah bandara ini kan diangkat dari pahlawan lokal yang ada di tempat bandara itu berada. Kami kan sudah menyampaikan secara lisan zaman (Gubernur) Pak Aher (Ahmad Heryawan) bahwa pahlawan nasional yang ada di Majalengka ini adalah KH Abdul Halim," jelas dia.

Nah, lanjut Karna, ketika sekarang muncul nama BJ Habibie, tentu itu ada kepentingan yang lebih besar. "Tapi belum resmi ini. Ya kita siap-siap aja, siapa pun namanya, tapi kan yang punya historisnya, begitu, untuk sebuah tempat itu. Pak Habibie mungkin dikaitkan dengan pesawat terbangnya, KH Abdul Halim sebagai legalitas pahlawan nasional lokal Majalengka," ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, warganet mendukung petisi penggantian nama Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) di Kertajati, Kabupaten Majalengka menjadi Bandara BJ Habibie sebagai bentuk apresiasi dan penghormatan kepada Presiden ke-3 Republik Indonesia (RI) yang wafat Rabu 11 September 2019.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.7511 seconds (0.1#10.140)