Pelajar dan Pelaku Seni KBB Persembahkan Dari Lembang untuk Papua

Kamis, 12 September 2019 - 21:43 WIB
Pelajar dan Pelaku Seni KBB Persembahkan Dari Lembang untuk Papua
Kegiatan bertajuk Kita Satu, Dari Lembang untuk Papua diikuti tokoh pemuda, pelaku seni, dan para pelajar di Lembang, KBB, Kamis (12/9/2019). Foto/SINDOnews/Adi Haryanto
A A A
BANDUNG BARAT - Gabungan tokoh pemuda, pelaku seni, dan pelajar di Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), menggelar aksi kesenian teatrikal sebagai bentuk keprihatinan terhadap yang terjadi di Papua.

Acara bertema "Kita Satu, Dari Lembang untuk Papua" itumenampilkan potensi anak-anak Lembang yang berprestasi di tingkat regional dan nasional dalam menunjukkan solidaritas mereka bagi masyarakat Papua.

"Kami ingin menunjukkan walaupun jauh, namun masyarakat Lembang peduli dan prihatin dengan isu rasisme di Papua. Melalui kegiatan ini semoga dapat kembali merajut persatuan, kesatuan, dan memperkokoh Bhineka Tunggal Ika," kata Pembina Komunitas Lingkar Utara, Rian Firmansyah di sela kegiatan yang digelar di Pasar Panorama Lembang, Kamis (12/9/2019) malam.

Menurutnya apa yang terjadi di Papua sudah menjadi keprihatinan seluruh Bangsa Indonesia. Bagaimana perdamaian yang sudah terjaga sekian lama harus tercoreng oleh aksi segelintir orang yang berusaha memecah belah.

Oleh karena itu penting bagi semua masyarakat Indonesia dimanapun berada, termasuk di Lembang, KBB, untuk kembali menggaungkan rasa nasionalisme.

Melalui kegiatan kebudayaan dan kesenian itu, pesan persatuan, dan nasionalisme kebangsaan dapat tersampaikan. Sebab budaya bersifat universal tanpa mengenal batas, suku, agama, dan tempat sehingga dapat diterima oleh siapa saja.

Sedangkan terkait keterlibatan pelajar dari kalangan SMP dan SMA dimaksudkan untuk memupuk kepedulian tentang NKRI bagi generasi muda sejak dini.

"Jiwa nasionalisme dan solidaritas kepada sesama bangsa khususnya saudara-saudara di Papua harus ditanamkan kepada pelajar. Sebab generasi mudalah yang kedepan akan memegang tongkat estafet kepemimpinan dan membawa bangsa ini akan kemana," imbuhnya.

Kasi Bina Seni, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disparbud), KBB, Usup Suherman menambahkan, acara "Kita Satu, Dari Lembang untuk Papua" ini juga sekaligus membantu mewujudkan visi KBB, dalan membentuk manusia yang kreatif dan unggul.

Serta memperkenalkan komunitas seni khususnya seni teater pertunjukkan di KBB kepada masyarakat. Ini dikarenakan banyak prestasi sanggar teater dari Lembang di tingkat provinsi dan menjadi wakil ke tingkat nasional.

"Ke depan agenda seperti ini akan dibuat rutin. Temanya bisa berbagai macam sehingga diharapkan mampu menjadi daya tarik dan mendongkrak pariwisata di KBB," ucapnya.
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.3900 seconds (0.1#10.140)