alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Jalur Pendakian Gunung Salak via Cimelati Bakal Dibuka

KORAN SINDO
Jalur Pendakian Gunung Salak via Cimelati Bakal Dibuka
Ilustrasi/Istimewa

BOGOR - Ada kabar baik bagi para penakluk gunung yang menyukai tantangan jalur pendakian baru. Kini mereka bisa mendaki Gunung Salak lewat jalur baru, yakni melalui Cimelati, Cicurug, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Jalur baru pendakian gunung yang memiliki ketinggian 2.211 meter di atas permukaan laut (Mdpl) itu melintasi zona rimba atau inti Gunung Salak. Selama ini sudah ada dua jalur pendakian, yakni lewat Cidahu dan Pasir Reungit.

Menurut Kepala Balai Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS) Awen Supranata, selama ini jalur pendakian ke Puncak Manik yang resmi hanya dua, yakni via Cidahu, Sukabumi dan Pasir Reungit, Bogor. Jalur pendakian Cimelati menjadi masalah karena tak resmi dan banyak mencelakakan para pendaki sehingga jika terjadi sesuatu, yang disalahkan pihaknya.



"Daripada jadi masalah, maka kami bangun sarana prasarana khususnya di Blok Cimelati, mulai dari visitor center, shelter, dan jalan setapak menuju pos pendakian," ungkap Awen, kemarin.

Awen mengatakan, pihaknya menargetkan pembangunan infrastruktur atau sarana prasarana wisata minat khusus ini selesai akhir tahun dan awal tahun depan sudah bisa diresmikan. "Mudah-mudahan akhir tahun ini selesai pembangunannya dan paling lambat awal 2020 sudah bisa dioperasikan," tuturnya.

Awen berdalih pembukaan jalur ilegal menjadi legal karena berdasarkan hasil studi kasus atau pengamatan lapangan, antusias masyarakat menuju Puncak Salak I via Cimelati cukup tinggi.

"Kita tidak punya data berapa yang naik gunung via Cimelati, tapi dari hasil studi ternyata banyak juga. Makanya kita mengambil inisiatif itu (jalur Cimelati) dilegalkan," ujarnya.

Dia menjelaskan, setiap tahun minat masyarakat berwisata menikmati alam cukup tinggi. Setiap tahunnya pendaki Gunung Salak bahkan meningkat. "Jumlahnya lebih dari 3.000 orang per tahun yang mendaki Gunung Salak," jelasnya.

Ramdan (28), warga Cibinong, Kabupaten Bogor, mengaku senang pihak TNGHS melegalkan jalur pendakian Gunung Salak via Cimelati itu. Dengan begitu, dia mengaku tidak perlu kucing-kucingan dengan petugas Polhut saat mendaki Gunung Salak via Cimelati.

"Tentu kami senang sebab kalau mendaki Gunung Salak yang paling singkat untuk mencapai Puncak Salak I, hanya lewat Cimelati," ungkap Ramdan yang mengaku sudah beberapa kali mendaki Gunung Salak via Cimelati itu.



(zik)

loading...