Inilah Bus Margonda Commuter Depok Go Lancar, Beroperasi Weekend

Senin, 09 September 2019 - 06:36 WIB
Inilah Bus Margonda Commuter Depok Go Lancar, Beroperasi Weekend
Bus Margonda Commuter Depok Go Lancar yang akan beroperasi setiap weekend di Jalan Margonda, Depok.Foto/SINDOnews/R Ratna Purnama
A A A
DEPOK - Pemerintah Kota (Pemkot) Depok meluncurkan lima Bus Margonda Commuter Depok Go Lancar. Langkah ini dilakukan untuk mengurangi penggunaan kendaraan pribadi sehingga jumlah kendaraan di ruas Jalan Margonda berkurang.

Margonda Commuter Depok Go Lancar dioperasikan khusus di Jalan Margonda setiap Sabtu dan Minggu. Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Depok, Dadang Wihana mengatakan, bus yang beroperasi itu dari Damri dan PPD untuk melayani warga Depok yang akan menuju pusat belanjaan dan keliling Jalan Margonda.

"Lima armada bus telah disiapkan untuk masyarakat yang ingin mengunjungi pusat keramaian di Kota Depok. Mereka bisa parkir kendaraan di Balai Kota,” kata Dadan pada Minggu (8/9/2019).

Lima bus tersebut akan melayani masyarakat berkeliling Jalan Margonda Raya mulai pukul 08.00-21.00 WIB. "Rutenya Balai Kota Depok, D-mall, Detos, Margo City, Pesona Square, dan Ramayana dengan waktu kurang lebih 30 menit. Tarif bus tersebut sekitar Rp5.000," ujarnya.

Menurut dia, dengan menggunakan angkutan massal diharapkan kepadatan kendaraan saat akhir pekan sedikit terurai. Selain itu, dengan memarkir kendaraan di Balai Kota tarif parkir juga menjadi lebih ringan. "Kalau parkir di mal kan mahal. Jadi lebih baik menggunakan bus jika ingin ke pusat keramaian di Margonda," katanya.

Dadan menuturkan, program bus tersebut akan terus dievaluasi agar keberadaan Bus Margonda Commuter Depok Go Lancar dapat menjadi alternatif mengatasi kepadatan kendaraan di akhir pekan. "Pengadaan bus ini bekerja sama dengan Damri dan PPD, kalau memang efektif nanti akan kita tambah armadanya. Bus Margonda Commuter Depok Go Lancar adalah bagian dari program JoTRAM yang di-launching belum lama ini," tuturnya.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Depok Hardiono menambahkan, dengan adanya transportasi ini dapat mengurangi volume kendaraan pribadi yang melintas di Jalan Margonda Depok. "Jika orang sudah tertarik naik bus ini maka dapat mengurangi volume kendaraan pribadi," ucapnya.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.0908 seconds (0.1#10.140)