alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Gunung Tangkuban Parahu Kembali Semburkan Abu Putih

Agus Warsudi
Gunung Tangkuban Parahu Kembali Semburkan Abu Putih
Semburan abu putih terekam kamera CCTV di Pos Pengamatan Gunungapi Tangkuban Parahau PVMBG, Sabtu (7/9/2019). Foto/Istimewa

BANDUNG - Gunung Tangkuban Parahu kembali menunjukkan aktivitas vulkanik, menyemburkan abu putih tebal dengan tinggi kolom abu teramati kurang lebih 200 meter dari dasar kawah, Sabtu (7/9/2019) sekitar pukul 16.57 WIB.

Kawah Ratu Gunung Tangkuban Parahu terus menyemburkan abu putih tebal hingga pukul 17.25 WIB. Kolom abu teramati berwarna putih hingga kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah selatan dan barat daya.

"Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 50 milimeter dan durasi kurang lebih 3 menit 17 detik," kata Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Kasbani melalui rilis tertulis, Sabtu (7/9/2019).



Kasbani mengemukakan, sejak pertengahan Agustus lalu sampai saat ini, Gunung Tangkuban Parahau masih berstatus Level II atau Waspada.

Dengan status Waspada, ujar Kasbani, PVMBG merekomendasikan, masyarakat di sekitar Gunung Tangkuban Parahu dan pengunjung, wisatawan, dan pendaki tidak mendekati kawah aktif di puncak gunung dalam radius 1,5 kilometer.

"Kawasan Taman Wisata Alam (TWA) Tangkuban Parahu direkomendasikan untuk sementara ditutup sampai jarak aman di atas," ujar dia.

Masyarakat di sekitar Gunung Tangkuban Parahu, tutur Kasbani, diharap tenang, beraktivitas seperti biasa, tidak terpancing isu-isu tentang letusan Gunung Tangkuban Parahu dan harap selalu mengikuti arahan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat.



(awd)