152 Tim Paduan Suara Dalam dan Luar Negeri Tampil di PICF 2019

Sabtu, 07 September 2019 - 20:30 WIB
152 Tim Paduan Suara Dalam dan Luar Negeri Tampil di PICF 2019
Penyerahan hadiah kepada pemenang PICF 2019. Ajang PICF ini digelar Badan Pendidikan Kristen (BPK) Penabur Jakarta pada 3-7 September 2019 di Sekolah SPK Penabur Kelapa Gading, Jakarta Utara. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Badan Pendidikan Kristen (BPK) Penabur Jakarta sukses menggelar Penabur International Choir Festival (PICF) pada 3-7 September 2019, di Sekolah SPK Penabur Kelapa Gading, Jakarta Utara.

PICF adalah event kompetisi yang dibalut dalam suasana festival, bukan sekadar unjuk prestasi tim paduan suara. Melalui acara ini, BPK Penabur Jakarta ingin membentuk karakter peserta didiknya dan seluruh peserta PICF melalui bidang musik.

Pada PICF 2019, ada peningkatan jumlah peserta dibanding tahun-tahun sebelumnya. Tahun ini, ada 152 tim paduan suara dengan total 6.161 personel yang berasal dari lima negara yakni Indonesia, Malaysia, Filipina, Jepang, dan Vietnam.

Dari Indonesia, ada perwakilan 15 provinsi yang menjadi peserta, antara lain DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Daerah Istimewa Yogyakarta, Nusa Tenggara Timur, Sumatera Utara, Kepulauan Riau, Lampung, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Sulawesi Selatan, dan Papua.

Para peserta berkompetisi dalam 11 kategori, yaitu empat kategori utama sesuai jenjang sekolah Kindergarten (10 peserta), Primary School (21 peserta), Junior High School (17 peserta), Senior High School (20 peserta), dan kategori umum yaitu Children Choir (16 peserta), Mixed Youth Choir (14 peserta), Mixed Choir (15 peserta), Folklore (31 peserta), Gospel & Spiritual (11 peserta), Musica Sacra (24 peserta), dan Chamber Choir (8 peserta).

Dari 11 kategori tersebut, peserta terbaik dari setiap kategori amasuk dalam Grand Prix, dan pemenangnya berhak menerima hadiah Rp30 juta. Sekadar informasi, total hadiah PICF 2019 senilai Rp164 juta.

Tim juri pada PICF 2019 sebanyak 12 orang dari 10 negara, antara lain Aivis Greters (Latvia), Tom T. Shelton.Jr (USA), Bengt Ollen (Swedia), Johnny Ku (Taiwan), Foong Hak Luen (Singapura), John A. Pamintuan (Filipina), Ko Matsushita (Jepang), Innesa Bodyako (Belarus), Dr.Bienvenido (Filipina), dan Soundarie David R (Sri Lanka).

Sedangkan juri asal Indonesia adalah Herman Sinapa dan Aris Sudibyo selaku Artistic Director, serta Aida Swenson Simanjuntak, pendiri dan pemimpin Paduan Suara Anak Indonesia (PSAI).

"Sebelumnya, pada PICF 2017, ada delapan kategori kompetisi yang diikuti 132 tim paduan suara dari tiga negara, dengan total personel 4923 orang. Jumlah peserta terus meningkat dan penyelenggaraan makin meluas. Kemudian, standar kualitas yang diterapkan juga semakin tinggi," kata Ketua BPK Penabur Jakarta Antono Yuwono, sebelum acara penutupan PICF 2019.

Menurut Antono, selain menjawab tantangan zaman, PICF 2019 juga menjadi sarana untuk meningkatkan semangat harmonisasi bangsa khususnya Indonesia. Selama PICF 2019 berlangsung, sejumlah perwakilan Pemerintah Indonesia dan perwakilan pemerintah negara peserta hadir menyaksikan langsung kompetisi. Selain itu, masyarakat umum dan keluarga peserta juga begitu antusias.

PICF merupakan ajang dua tahunan, dimulai tahun 2013. Tahun ini adalah penyelenggaraan yang keempat. Antono berharap, PICF mendatang yang akan digelar tahun 2021 makin berkualitas dan semakin bergengsi.

"Mudah-mudahan beberapa tahun ke depan event ini menjadi world class dan jadi salah satu kebanggaan Indonesia. Ternyata di Indonesia ada event festival paduan suara internasional yang luar biasa," katanya.

Tom T Shelton Jr, salah seorang juri mengapresiasi pelaksanaan PICF 2019. "Keseluruhan berjalan dengan baik, semua peserta bisa menyanyikan dengan baik. Dari folklore, kami bisa melihat berbagai kekayaaan budaya Indonesia. Mengenai penilaian, itu berkaitan dengan intonasi, suara, dan bisa tidaknya mereka bernyanyi bersama-sama," ujarnya.

Pada PICF 2019, kelompok paduan suara asal Jepang keluar sebagai juara Grand Prix.

Berikut daftar juara dari tiap kategori PICF 2019:
1. Kategori Kindergarten: Voice of Angels (Gading Serpong)
2. Kategori Primary: Delta Four Choir (SDK 4 Cipinang)
3. Kategori Junior: Five’s Choir (SMPK 5 Cipinang)
4. Kategori Senior: Smansa Choir (SMA 1 Balikpapan)
5. Kategori Children: Gita Harmoni Choir (HKBP Kramat Jati)
6. Kategori Mixed Youth Choir: PSM Teknik (Universitas Diponegoro)
7. Kategori Mixed Choir: Octava (Independen)
8. Kategori Folklore: Cordillera Chamber Singers (Filipina)
9. Kategori Gospel: Steam of Life (Bandung-Independen)
10. Kategori Musica Sacra: Voces Fidelis (Independen)
11. Kategori Chamber: Vocel Fidelis (Independen).
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.9485 seconds (0.1#10.140)