Begini Cara Mudah Mengolah Ayam Goreng Terasi

Jum'at, 06 September 2019 - 13:00 WIB
Begini Cara Mudah Mengolah Ayam Goreng Terasi
Ayam goreng sudah menjadi makanan umum. Namun, rasanya menjadi berbeda jika ditambahkan dengan terasi. Malah, bikin makan nambah. Foto/Istimewa.
A A A
JAKARTA - Ayam masih menjadi bahan makanan andalan dan favorit banyak orang. Salah satunya jika diolah menjadi ayam goreng terasi.

Berbeda dari ayam goreng pada umumnya, hidangan satu ini menggunakan bumbu yang jarang dipakai di adonan tepung ayam, yaitu terasi.

Penggunaan terasi membuat ayam goreng terasa lebih nikmat dan gurih. Tertarik ingin mencobanya? Berikut resep membuat ayam goreng terasi seperti dikutip akun Instagram @masaktv.

Bahan-bahan:
1 ekor ayam

Bahan marinasi:
4 siung bawang merah
2 siung bawang putih
4 sdm saus tiram
2 sdm kecap inggris
2 sdm terasi goreng
4 sdm tepung maizena
1 btr telur

Baluran:
2 sdm tepung terigu
4 sdm tepung kanji

Cara membuat:
Haluskan bawang merah, bawang putih, terasi dan air. Campurkan saus tiram, kecap inggris, lada putih, garam secukupnya. Aduk rata dengan bahan yang sudah dihaluskan, telur, dan tepung maizena. Marinasi ayam dengan bumbu yang sudah disiapkan selama 15-20 menit agar meresap.

Campur tepung kanji, tepung terigu dan sedikit garam. Ambil ayam yang sudah dimarinasi lalu campurkan tepung, kemudian aduk kembali agar terbalur sempurna. Goreng dalam minyak yang sudah dipanaskan di atas api sedang sampai kuning kecokelatan. Angkat. Ayam goreng terasi siap dihidangkan.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.9391 seconds (0.1#10.140)