alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Kementerian PUPR Targetkan Seksi 1-3 Tol Cisumdawu Dapat Digunakan Mudik 2020

Rina Anggraeni
Kementerian PUPR Targetkan Seksi 1-3 Tol Cisumdawu Dapat Digunakan Mudik 2020
Terowongan Cisumdawu di ruas Tol Cisumdawu. Foto/Dok SINDOnews

JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan Seksi 1-3 Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) sepanjang 33 km dapat dilalui fungsional pada arus mudik tahun 2020. Untuk penyelesaian konstruksi keseluruhan sepanjang 61,5 km ditargetkan rampung akhir tahun 2020.

"Kami optimis akhir tahun 2020, Tol Cisumdawu bisa rampung. Untuk arus mudik 2020, Seksi 1-3 diharapkan sudah bisa dilalui fungsional yakni sampai Sumedang. Pada Lebaran tahun 2019 juga sudah kita buka, namun hanya sampai terowongan di Rancakalong," kata Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR Danang Parikesit, Kamis (5/9/2019).

Pembangunan Jalan Tol Cisumdawu dikerjakan bersama oleh pemerintah dan Badan Usaha. Pemerintah memberikan dukungan konstruksi Seksi 1 dan 2 sepanjang 29 km untuk meningkatkan kelayakan investasi.



"Pendanaan untuk porsi pemerintah menggunakan dana APBN rupiah murni dan pinjaman Pemerintah China. Seksi 3-6 sepanjang 32,8 km dikerjakan Badan Usaha Jalan Tol T Citra Karya Jabar Tol (CKJT) dengan nilai investasi Rp8,41 triliun," katanya.

Pembebasan lahan menjadi kendala dalam pembangunan ruas tol ini. Kehadiran Tol Cisumdawu akan memperlancar akses kendaraan dari Bandung yang menuju Bandara Kertajati di Majalengka, dan mendukung pengembangan kawasan "segitiga emas" Cirebon-Subang-Majalengka (Rebana) sebagai pusat pertumbuhan ekonomi baru.

Tol Cisumdawu juga akan menjadi salah satu tol dengan pemandangan yang sangat indah, seperti Tol Bawen-Salatiga karena menyuguhkan panorama pegunungan di Bumi Priangan.



(zik)