Kawal Visi Indonesia, Projo Gelar Deklarasi Jabar Bergerak

Kamis, 05 September 2019 - 20:44 WIB
Kawal Visi Indonesia, Projo Gelar Deklarasi Jabar Bergerak
Simpul relawan pendukung Jokowi, Projo Jabar, memaparkan pelaksanaan Jabar Bergerak Kawal Visi Indonesia, Kamis (5/9/2019). Foto/SINDOnews/Agung Bakti Sarasa
A A A
BANDUNG - Simpul relawan Pro Jokowi (Projo) Jawa Barat menggelar Deklarasi Jabar Bergerak Kawal Visi Indonesia sebagai wujud dukungan terhadap pemerintah di bawah kepemimpinan Presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi) lima tahun ke depan.

Deklarasi yang bakal diikuti sekitar 500 peserta itu rencananya digelar di Hotel Horison, Jalan Pelajar Pejuang, Kota Bandung, Sabtu 7 September 2019.

Melalui deklarasi tersebut, simpul relawan Projo yang kini bertransformasi menjadi organisasi masyarakat (ormas) itu berharap, semua pihak dapat bersinergi mewujudkan lima visi yang diusung Jokowi.

Deklarasi juga bakal dihadiri sejumlah tokoh nasional, seperti Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko dan Staf Khusus Presiden untuk Papua yang juga Ketua Masyarakat Adat Tanah Papua Lenis Kogoya.

Selain itu, Kapolda Jabar Irjen Pol Rudy Sufahriadi, Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Tri Soewandono, Dewan Penasihat Projo Jabar Anton Charliyan, Gubernur Jabar Ridwan Kamil, dan bupati dan wali kota se-Jabar.

Selain deklarasi yang bertujuan untuk menjaga kondusivitas Jabar, kegiatan yang juga bakal diikuti 60 ormas itu akan membahas sejumlah isu yang mencuat di Jabar.

"Kami kumpulkan ormas dengan estimasi 500 orang ditambah seluruh kepala daerah kabupaten/kota untuk berkomitmen mengawal visi Indonesia," kata Ketua Projo Jabar Djoni Suherman dalam konferensi pers di Hotel Horison, Kamis (5/9/2019).

Djoni mengemukakan, isu yang bakal dibahas, di antaranya terkait rekonsiliasi antara pendukung Jokowi dan Prabowo Subianto di Pemilihan Presiden (Pilres) 2019 lalu.

Isu tersebut, menurut Djoni, penting untuk dibahas karena sekat antarpendukung capres itu, khususnya di kabupaten/kota masih cukup besar.

"Dalam hal ini, kami mengajak ormas untuk ikut memberikan penjelasan pada masyarakat bahwa saat ini tidak ada 01 (Jokowi) dan 02 (Prabowo Subianto). Yang ada hanya sila ketiga Pancasila, yakni Persatuan Indonesia," ujar dia.

Isu lain yang akan diangkat Projo, tutur Djoni, berkaitan dengan penyebaran paham radikalisme yang saat ini masih cukup masif terjadi di beberapa daerah di Jabar.

Bahkan, tutur dia, doktrinasi paham tersebut kini sudah menyasar anak-anak usia sekolah. "Ini yang manjadi fokus kami agar paham tersebut tidak semakin mengakar di Jawa Barat," tutur Djoni.

Berkaitan dengan isu pemerintahan di Jabar, pembahasan yang akan menjadi fokus Projo berkaitan dengan sinergitas antara Gubernur Jabar dan semua stakeholder, termasuk dalam masalah komunikasi dan koordinasi.

Pasalnya, ungkap dia, membangun Jabar tidak bisa hanya dilakukan oleh satu pihak saja. "Jadi, bagaimana visi Indonesia bisa berjalan jika pemerintah atau kepala daerah ini tidak bisa bersinergis dengan elemen masyarakat karena urusan komunikasi tidak bisa hanya sekedar di media sosial saja," ungkap dia.

Djoni berharap, kegiatan tersebut menghasilkan komitmen, khususnya antara elemen masyarakat dan pemerintah daerah untuk mendukung pembangunan yang diwacanakan oleh pemerintah pusat demi kemajuan Jabar.

"Karena harus menjadi komitmen bersama antara elemen masyarakat serta eksekutif, agar Jabar bergerak lebih maju," tandas Djoni.

Adapun lima visi Jokowi di periode 2019-2024 yang akan dikawal oleh Projo, yakni pembangunan infrastruktur, pembangunan sumber daya manusia, investasi yang dipermudah dan cepat, reformasi birokrasi, serta pengalokasian APBN/APBN tepat sasaran dan tepat guna.

Djoni menambahkan, dalam kegiatan tersebut, juga akan digelar Launching Koperasi Visi Indonesia, Orasi Kebangsaan dari tokoh-tokoh nasional dan Jabar, termasuk penandatanganan naskah Deklarasi Kawal Visi Indonesia. "Kami ingin memastikan semua visi ini harus berjalan maksimal di Jabar," pungkas dia.
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.1621 seconds (0.1#10.140)