alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Banyak Pengguna Tol Cipali Melaju di Luar Batas Ketentuan

Inin Nastain
Banyak Pengguna Tol Cipali Melaju di Luar Batas Ketentuan
Petugas dari Sat Lantas Polres Majalengka melakukan penindakan terhadap pengemudi yang melaju di Tol Cipali di atas batas yang ditentukan. Foto/SINDOnews/Inin Nastain

MAJALENGKA - Kondisi jalan Tol Cipali yang cenderung lurus membuat pengguna jalan tampak asyik memacu kendaraannya dengan cepat. Bahkan, tidak sedikit pengguna jalan tol yang melaju di luar batas yang ditentukan, maksimum 100 kilometer per jam dan minimum 60 kilometer per jam.

Hal itu diketahui dari hasil operasi kecepatan kendaraan yang digelar Sat Lantas Polres Majalengka, Kamis (5/9/2019). "Kerja sama dengan PJR, menggunakan speed gun. Jadi kendaraan yang melebihi batas kecepatan maksimum kemudian di bawah minimum, kita arahkan untuk dilakukan penindakan," kata Kasat Lantas Polres Majalengka AKP Endang Sujana saat memimpin langsung operasi di Rest Area Tol Cipali KM 164.

Dari data sementara, jelas dia, diketahui angka pelanggaran berupa kecepatan di atas rata-rata lebih banyak dilakukan oleh pengendara mobil pribadi. Dengan operasi itu, diharapkan pengguna jalan tol tidak lagi mengenyampingkan aturan yang berlaku terkait batas kecepatan.



"Insya Allah akan meningkatkan kesadaran masyarakat, bahwasanya jalan bebas hambatan ini bukan berarti dengan semaunya memacu kendaraan secara ugal-ugalan," jelas dia.

Lewat operasi itu juga diharapkan bisa menekan angka kecelakaan di jalan tol, yang diakibatkan oleh kelalaian dari pengendara mobil itu sendiri. "Mengurangi tingkat kerawanan di jalan tol," kata Endang.



(zik)