Pertamina Lubricants Beri Pelatihan Wirusaha Automotif bagi 45 Siswa SMK

Rabu, 04 September 2019 - 19:32 WIB
Pertamina Lubricants Beri Pelatihan Wirusaha Automotif bagi 45 Siswa SMK
Perwakilan PT Pertamina Lubricants, BBPLK Bandung, dan BBPP Bekasi meninjau pelatihan montir sepeda motor di BBPLK Bandung, Jalan Gatot Subroto, Kota Bandung, Rabu (4/9/2019). Foto/SINDOnews/Arif Budianto
A A A
BANDUNG - Sebanyak 45 siswa dari 15 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dari berbagai daerah mendapatkan pelatihan mekanik dan wirausaha otomotif untuk meningkatkan lapangan kerja di sektor ini.

Pelatihan dan entrepreneurship ini diberikan PT Pertamina Lubricants bersama Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) Bandung dan Balai Besar Peningkatan Produktivitas (BBPP) Bekasi.

Pelatihan dilaksanakan setelah dilakukan penandatanganan kerja sama di BBPLK Bandung, Jalan Gatot Subroto, Kota Bandung, Rabu (4/9/2019).

Untuk tahap pertama, peserta akan mengikuti pelatihan teknis dan non-teknis sepeda motor di BBPLK Bandung selama lima minggu.

"Peserta mendapatkan pelatihan mekanik sepeda motorbaik teori maupun praktik, character building, wawasan kebangsaan, pengelolaan limbah dan lingkungan, kewirausahaan, product knowledge pelumas, serta creative thinking," kata Direktur Finance & Business Support PT Pertamina Lubricants Andre Herlambang.

Setelah menyelesaikan pelatihan di BBPLK Bandung, ujar dia, peserta akan melakukan praktek kerja (magang) di bengkel mitra binaan PT Pertamina Lubricants. Di sana, peserta akan menerima mentorship dan pelatihan kerja langsung oleh mekanik yang sudah berpengalaman.

Saat magang, kata Andre, peserta terjun langsung secara real untuk belajar teknis keterampilan bengkel sepeda motor, sekaligus belajar menjalankan bisnis bengkel skala kecil dan medium.

Pada tahap akhir peserta akan melalui proses penilaian untuk dipilih peserta terbaik dan akan diberi bantuan modal in-kind alat perbengkelan dari PT Pertamina Lubricants untuk memulai membuka usaha bengkel mandiri.

Melalui mekanisme itu, dia berharap lulusan SMK dapat terserap oleh industri. Atau mereka mampu menciptakan lapangan usaha sendiri, dengan membuka bengkel sepeda motor skala kecil.

Enduro Student Program merupakan program CSR unggulan PT Pertamina Lubricants dengan menggunakan pendekatan Creating Shared Value (CSV).

Sejak 2016 dan telah menciptakan 84 bengkel mandiri dan 84 bengkel mitra berwawasan lingkungan. Pertamina Lubricants juga telah mencetak lebih dari 255 orang wirausahawan bengkel mandiri dengan melibatkan lebih dari 100 SMK.

Tahun 2019 merupakan tahun ke-4 pelaksanaan Enduro Student Program setelah sebelumnya program ini dilaksanakan di berbagai daerah.

Antara lain, Cilacap pada 2016 dan Gresik, Lamongan, Blora, Tuban, serta Bojonegoro pada 2017. Sedangkan Makassar, Semarang, Demak, Bojonegoro, Madiun, Kupang Larantuka dan Adonara pada 2018.

Plt Kepala Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja Bandung Tuti Haryanti mengatakan, pihaknya terus berupaya menggandeng kalangan industri dan perusahaan untuk meningkatkan kemampuan peserta BBPLK.

"Untuk meningkatkan skill, kami kerja sama dengan HTPM. Kami berkomitmen meningkatkan terus kerja sama dengan produsen otomotif, sehingga meningkatkan skill peserta pelatihan BBPLK. Targetnya, semakin banyak peserta pelatihan yang terserap pasar ," pungkas dia.
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.9549 seconds (0.1#10.140)