Yena Iskandar Ma'soem Siap Nyalon di Pilkada Kabupaten Bandung 2020

Rabu, 04 September 2019 - 15:01 WIB
Yena Iskandar Masoem Siap Nyalon di Pilkada Kabupaten Bandung 2020
Yena Iskandar Masoem. Foto/Istimewa
A A A
BANDUNG - Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Bandung 2020 tak lama lagi dihelat. Sejumlah nama tokoh bermunculan, salah satu yang potensial adalah Yena Iskandar Ma'soem (46).

Perempuan cantik yang lahir dari keluarga besar Al Ma'soem ini, menyatakan siap mencalonkan diri sebagai bupati dalam Pilkada Kabupaten Bandung 2020.

Apalagi bagi Yena Ma'soem dunia politik bukan lagi hal asing. Dia kerap kerap tampil dalam kegiatan politik. Kepada sejumlah media yang menanyakan kesiapannya bertarung di Pilbup Bandung 2020, Yena Ma'soem tegas menyatakan siap.

Kans Yena untuk terpilih di Pilbup Bandung 2020 boleh dibilang cukup besar. Pasalnya, selama ini, belum pernah satu pun muncul tokoh perempuan Kabupaten Bandung yang meramaikan kontestasi politik memperebutkan kursi bupati atau wakil bupati.

Begitu pun saat ini, belum muncul figur perempuan yang turut meramaikan bursa calon. Baru nama Yena Ma'soem, tokoh perempuan, yang santer disebut-sebut pantas bertarung di bursa pemilihan bupati atau wakil bupati Bandung periode 2020-2025 kelak.

"Saya siap kalau memang muncul aspirasi dari masyarakat dan mendorong saya untuk tampil di Pilkada Kabupaten Bandung," kata Yena kepada wartawan saat ditemui di Cileunyi, Rabu (4/9/19).

Alumni Universitas Padjadjaran (Unpad) ini beralasan, kesediaannya untuk mencalonkan diri sebagai bakal calon bupati/wakil bupati Bandung karena ingin berbuat lebih banyak bagi daerah tempat kelahirannya Cileunyi, Kabupaten Bandung.

"Ya, sebagai putra daerah Kabupaten Bandung saya tentu ingin berbuat lebih banyak bagi daerah di mana saya lahir dan dibesarkan. Kebetulan keluarga besar saya juga banyak yang tinggal di Cileunyi juga Rancaekek Kabupaten Bandung," ujar dia.

Untuk mencalonkan diri di Pilkada Bupati Bandung 2020, Yena sadar perlu kendaraan politik yang bisa mengantarkannya masuk dalam bursa bakal calon Bupati Bandung periode 2020-2025 mendatang.

Kendati dia mengakui belum jelas parpol mana yang bisa mengantarkannya. Namun dia menyatakan siap dan terbuka diusung oleh parpol mana pun.

"Soal parpol yang bisa mengusung, saya masih pikir-pikir, dan masih terbuka untuk mempertimbangkannya. Nanti saya bisa lihat partai mana yang terbuka dan bersedia mengusung saya sebagai bakal calon," tuturibu dari dua anak ini.

Belakangan ini, meski Yena berprofesi sebagai pengusaha di bidang kesehatan, khususnya farmasi, namun dia selalu tampil aktif dalam kegiatan politik.

Saat Pilpres 2019 lalu, dia mendukung calon presiden (capres) Joko Widodo (Jokowi). Yena melibatkan diri dalam Gerakan Perempuan Parahyangan (GPP), juga relawan Arus Baru Indonesia (Arbi).

Yena mengaku, jika belakangan ini dia sering tampil di panggung politik karena terinspirasi jejak ayahnya, almarhum H Nanang Iskandar Ma'soem, seorang pengusaha Al Ma'soem Grup dan tokoh masyarakat Jawa Barat yang juga biasa tampil di panggung politik, khususnya di wilayah Bandung Raya.

Almarhum ayahnya H Nanang Iskandar Ma'soem, pendukung Joko Widodo. Bahkan hingga akhir hayat, almarhum Nanang meninggal dunia di pangkuan Jokowi, saat presiden terpilih pada Pilpres 2019 itu berkampanye di Al Ma'soem Rancaekek pada Juli 2014 silam.
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.2874 seconds (0.1#10.140)