alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Simak 5 Tips Ini Agar Performa Motor Kamu Selalu Prima dan Stabil

Agus Warsudi
Simak 5 Tips Ini Agar Performa Motor Kamu Selalu Prima dan Stabil
Foto-foto/Istimewa/Ilustrasi

BANDUNG - Bagi rider atau pengendara sepeda motor, spare part kendaraan adalah komponen yang sudah familiar. Seorang motoris harus tahu bagaimana cara memilih spare part yang benar dan cocok dengan model motor, mengetahui fungsinya, dan cara merawatnya.

Tujuannya, selain untuk keselamatan, memilih spare part yang baik dan awet juga dapat menghemat pengeluaran. Selain itu, memilih spare part original dengan fungsi baik dan dirawat, juga akan mengurangi risiko malfungsi penyebab kecelakaan fatal.

Apa saja sih spare part yang harus selalu dicek dan dirawat dengan baik? Simak lima tips ini agar performa motor kamu prima dan stabil.



1. Rem

Simak 5 Tips Ini Agar Performa Motor Kamu Selalu Prima dan Stabil

Rem adalah komponen paling penting pada kendaraan. Pada sepeda motor, terdapat dua jenis rem yang digunakan yaitu tromol dan cakram. Jenis rem cakram merupakan sistem pengereman yang memanfaatkan daya jepit antara komponen berputar dengan komponen diam.

Agar rem berfungsi baik, cek secara rutin penampung cairan rem. Cairan rem ini membuat sistem pengereman bekerja maksimal. Terdapat dua penampung cairan pada sepeda motor, satu bagian roda depan dan belakang.

Selain cairan rem, kamu juga harus selalu mengecek kampas rem motor. Sebab, kampas rem motor yang tipis akan membahayakan pengendara motor. Apalagi kalau kamu mengerem mendadak, pasti akan sangat membahayakan!

2. Rantai

Simak 5 Tips Ini Agar Performa Motor Kamu Selalu Prima dan Stabil

Setelan rantai motor tidak boleh terlalu kencang dan terlalu kendur. Kamu harus memberikan jarak renggang paling tidak 1 inci antara kedua sisi rantai supaya roda tidak berat saat berputar.

Bagi setiap motor perawatan rantai sangat penting seperti memberikan pelumas dan menjaga kebersihan rantai. Memberikan pelumas pada rantai dapat menghindari gear dan rantai cepat terkikis.

3. Ban

Simak 5 Tips Ini Agar Performa Motor Kamu Selalu Prima dan Stabil

Salah satu penyebab umum kecelakaan dialami pengendara sepeda motor dan bermasalah saat di jalan adalah bagian tekanan ban. Ban yang memiliki tekanan dibawah normal akan lebih cepat menyerap panas aspal dan ini dapat menyebabkan roda mudah pecah tiba-tiba saat digunakan berkendara.

Agar terhindar dari masalah di jalan, kamu juga harus memperhatikan ketebalan ban kendaraan. Paling tidak ketika ketebalan ban kurang dari 1-2 mm, kamu harus segera menggantinya dengan yang baru.

4. Oli Mesin

Simak 5 Tips Ini Agar Performa Motor Kamu Selalu Prima dan Stabil

Ingin sepeda motor tetap prima? Kamu harus memperhatikan oli mesin. Supaya mesin motor lebih awet, kamu harus selalu memperhatikan penggantian oli dan filter secara teratur. Selain itu, jaga kebersihan dan level oli yang pas guna mencegah terjadinya kerusakan pada mesin.

Oli mesin berfungsi sebagai pelumas supaya gesekan komponen pada mesin dan piston dapat lebih stabil untuk menghasilkan performa yang baik pada sepeda motor.

Meski motor tidak digunakan, kamu harus selalu melakukan pengecekan secara rutin untuk menghindari pembekuan oli. Sebaiknya ganti oli dan filternya.

5. Aki

Simak 5 Tips Ini Agar Performa Motor Kamu Selalu Prima dan Stabil

Sumber : Shopee

Tidak seperti sparepart lain, aki adalah komponen motor yang dicek tak terlalu sering. Namun, paling tidak, kamu harus mengeceknya sebulan sekali untuk memastikan posisi dan kondisi aki masih berfungsi baik atau tidak.

Jika jumlah cairan aki menurun dari level yang ditentukan kamu harus mengisinya. Oleh sebab itu, kamu harus selalu mengecek level cairan supaya tetap terjaga agar aki awet.

Mengisi cairan pun tak boleh sembarang air. Kamu harus menggunakan air destilasi atau air bebas ion dan hindari menggunakan air keran dan air sumur.

Sebab air sumur dan air keran memiliki kandungan mineral yang akan membuat aki menjadi berkarat, rusak, dan malah tidak berfungsi.



(awd)