alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Legislator Muda KBB Ini Bertekad Jadi Wakil Rakyat Berkarakter Negarawan

Adi Haryanto
Legislator Muda KBB Ini Bertekad Jadi Wakil Rakyat Berkarakter Negarawan
Rian Firmansyah, anggota DPR terpilih dari Partai NasDem. Foto/SINDOnews/Adi Haryanto

BANDUNG BARAT - Rian Firmansyah, legislator muda asal Kabupaten Bandung Barat (KBB) yang melenggang ke Gedung DPR/MPR di Senayan, Jakarta, bakal mengikuti orientasi dan pemantapan nilai-nilai kebangsaan yang digelar Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas).

Rian menilai, kegiatan yang berlangsung sebelum pelantikan anggota DPR periode 2019-2024 itu, sebagai bekal untuk menambah pengetahuan wawasan kebangsaan dan membangun rasa nasionalisme.

"Ini jadi pengalaman baru dan berharga sehingga harus dimanfaatkan sebaik-baiknya. Terlebih tidak setiap orang mendapatkan kesempatan untuk ikut terlibat," kata Rian di Ngamprah, Senin (2/9/2019)



Anggota DPR RI dari Fraksi Partai NasDem ini mengemukakan, sebagai wakil rakyat yang diberi mandat maka harus membayar kepercayaan dengan kinerja.

Orientasi dan pemantapan nilai-nilai kebangsaan di Lemhanas menjadi kewajiban yang harus diikuti sesuai Perpres RI Nomor 98 Tahun 2016. Meskipun sebelumnya Rian juga sudah mengikuti sekolah legislatif yang digelar Partai NasDem.

Sebagai salah seorang dari 59 anggota DPR asal Partai NasDem, Rian ingin dapat menjadi wakil rakyat berkarakter negarawan, pemimpin transformasional, unggul, berwawasan kebangsaan, berlandaskan Pancasila dan UUD 1945.

Sehingga, dapat memahami wasantra sebagai pandangan geopolitik Indonesia dan konsepsi ketahanan nasional sebagai geostrategi Indonesia.

"Materi yang akan diberikan pada kegiatan tersebut mencakup materi utama, penunjang, dan dasar. Salah satunya soal revolusi mental," kata Rian yang akan tergabung dalam Gelombang IV pada 18-27 September 2019 mendatang.

Disinggung apakah dirinya merasa "masih hijau" dibandingkan dengan politisi senior dan incumbent di Senayan, Rian menilai usia muda tidak menjadi ukuran seorang legislator minim pengalaman atau tidak.

Yang pasti, Rian akan menjadikan para senior dalam konteks kepartaian sebagai mentor untuk adaptasi awal mengawali tugas di parlemen. Sementara untuk senior lintas partai akan menjadi rekan diskusi dan mitra dalam menjalankan fungsi kedewanan.

"Yang saya lakukan saat ini menyiapkan mental, wawasan, dan pengetahuan, menjelang pelantikan yang kemungkinan digelar pada 1 Oktober nanti. Sebagai legislator muda tentu akan lebih menonjolkan kreativitas dan spirit kepemudaan agar lebih berkesan positif," pungkas Rian yang berharap bertugas di Komisi X DPR.



(awd)