3 Bulan Tak Turun Hujan, Setu Sedong Kering

Senin, 02 September 2019 - 10:31 WIB
3 Bulan Tak Turun Hujan, Setu Sedong Kering
Tidak turunnya hujan dalam tiga bulan terakhir mengakibatkan Waduk atau Setu Sedong di Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, kering. Foto/MNC Media/Toiskandar
A A A
CIREBON - Tidak turunnya hujan dalam tiga bulan terakhir mengakibatkan Waduk atau Setu Sedong di Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, kering kerontang. Waduk tadah hujan yang digunakan untuk mengairi ratusan hektare persawahan tersebut kondisinya memprihatinkan dengan dasar tanah kering dan retak-retak.

Pantauan MNC Media, Senin (2/9/2019), tidak ada air yang tersisa di waduk seluas 150 hektare ini. Tidak turunnya hujan sejak tiga bulan terakhir membuat tanah dasar waduk kering kerontang. Sejumlah perahu pencari ikan pun dibiarkan teronggok di tengah waduk yang mengering.

Menurut warga, Safrudin, keringnya waduk ini sudah terjadi sejak sebulan terakhir. Kondisinya kian parah lantaran sudah tidak ada hujan yang turun dan tidak adanya kiriman air dari wilayah hulu. "Keringnya waduk mengakibatkan ratusan hektare sawah di beberapa kecamatan kesulitan mendapatkan air setelah irigasi kering," ujarnya.

Kini, waduk tadah hujan yang biasa dijadikan spot foto tersebut tidak lagi bisa digunakan untuk mengairi sawah. Pengelola waduk tidak bisa berbuat banyak dan hanya berharap hujan segera turun agar waduk kembali terisi air.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.5064 seconds (0.1#10.140)