Bank bjb Terus Perkuat Penetrasi Digital ke Pasar Tradisional

Minggu, 01 September 2019 - 17:10 WIB
Bank bjb Terus Perkuat Penetrasi Digital ke Pasar Tradisional
Bank bjb melakukan soft launching QR payment pada acara festival djoeang 2019, menandai masuknya bank bjb pada era digital. Foto/Istimewa
A A A
BANDUNG - PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat & Banten Tbk (bank bjb) bakal memperluas penetrasi pasar digital ke segmen usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di pasar tradisonal di Jawa Barat dan Banten. Penetrasi digital bakal menggunakan QR Payment bank bjb.

Direktur IT, Treasury dan International Banking bank bjb Rio Lanasier mengatakan, pihaknya saat ini terus mempercepat kesiapan jaringan dan instruktur QR code, sebelum dipakai secara serentak mulai Januari 2020.

Bank bjb, kata dia, bakal menggalakkan transaksi nontunai ini ke pelaku UMKM, yaitu menyasar pasar tradisional di Jabar dan Banten. Dengan begitu, pedagang dan konsumen akan dimudahkan dalam bertransaksi. "Targetnya pada Januari 2020 kami sudah siap dengan ratusan ribu merchant," kata dia di sela-sela acara Festival Djoeang 2019 di Jalan Braga Pendek, Kota Bandung, Sabtu (31/8/2019) malam.

Nantinya, satu merchant di pasar tradisonal hanya perlu satu QR code untuk bisa terhubung dengan pembayaran bank bjb. Mayarakat hanya butuh melakukan scan untuk bisa melakukan pembayaran dengan mudah, tanpa mengunakan uang cash.

Saat ini, kata dia, izin prinsip untuk QR code bank bjb telah didapat. Setelah mendapatkan izin resmi dari Bank Indonesia, bank bjb akan mempercepat proses persiapannya. Uji Coba juga telah dilakukan beberapa kali, termasuk pada acara festival. Hasilnya, transaksi berjalan lancar tanpa kendala.

Menurut dia, digitalisasi transaksi akan memberi manfaat antara lain transaksi tunai berkurang. Dana murah yang diperoleh bank bjb bisa digulirkan untuk penetrasi pembiayaan.

"Harapan dana murah kami naik. Di mana posisi sekarang 42%, targetnya bertambah menjadi 52%, atau naik 10 persen. Yang pasti, dana murah bisa kami gunakan untuk penetrasi kredit melawan rentenir online," imbuh dia.

Sementara itu, Direktur Utama bank bjb Yuddy Renaldi mengatakan, soft launching QR payment bank bjb adalah langkah untuk menjadi bank daerah pertama yang memelopori perbankan digital. Layanan ini menggunakan fitur baru QR Payment (transfer on us) pada layanan e-channel yang dimiliki oleh bank bjb yaitu bjb Digi.

"Ini akan semakin memudahkan nasabah bank bjb untuk bertransaksi perbankan kapan saja dan dimana saja. Penerbitan layanan QR Payment (transfer on us) merupakan langkah bank bjb untuk mengakselerasi kinerja di era digital," ujarnya.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.9928 seconds (0.1#10.140)