alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Pangdam-Kapolda Imbau Warga Jabar Tak Terpancing Gejolak Papua

Agus Warsudi
Pangdam-Kapolda Imbau Warga Jabar Tak Terpancing Gejolak Papua
Pangdam Siliwangi dan Kapolda foto bersama seusai acara silaturahmi. Insert: Pangdam dan Kapolda memberi keterangan kepada wartawan. Foto-foto/Pendam Siliwang/SINDOnews/Agus Warsudi

BANDUNG - Panglima Komando Daerah Militer (Kodam) III/Siliwangi Mayjen Tri Soewandono dan Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Jawa Barat Irjen Pol Rudy Sufahriadi mengimbai warga Jabar untuk tidak terpancing dengan gejolak yang terjadi di Papua.

Imbauan itu disampaikan Pangdam dan Kapolda saat hadir dalam acara "Silaturahmi Bersama Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, dan anggota Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) untuk Membangun Partisipasi Masyarakat Dalam Rangka Harkamtibmas yang Kondusif" di Kota Bandung, Sabtu (31/8/2019) malam.

Selain Pangdam dan Kapolda, acara itu juga dihadiri oleh pelaksana tugas (Plt) Sekretaris Daerah (Sekda) Jabar Daud Achmad, Wali Kota Bandung Oded M Danial, Kapolrestabes Bandung Kombes Pol Irman Sugema, tokoh budaya Acil Bimbo dan Sam Bimbo.



Panglima mengatakan, pertemuan ini membahas situasi, terkait warga Papua yang menggelar aksi unjuk rasa di Kota Bandung. Dia mengimbau warga Jabar untuk tidak terpancing.

"Jadi di Jawa Barat ini, masyarakatnya sangat welcome. Semua suku, semua dari wilayah lain, mau menuntut ilmu di wilayah Jawa Barat itu, tidak ada masalah. Kami menyayangi warga dari luar daerah dan tidak membeda-bedakan. Tadi kami sampaikan supaya jangan terpancing (demo Papua dan gejolak yang terjadi di sana). Semua sudah teruji. Tapi kalau ada (masalah) kita harus mengingatkan dengan baik," kata Panglima seusai pertemuan.

Sementara itu, Kapolda Jabar mengatakan, acara ini merupakan forum silaturahmi dengan semua elemen masyarakat, dari semua suku, agama, ras, golongan, dan budaya yang ada di Jawa Barat.

"Semua kumpul di sini menyikapi masalah yang terjadi di Papua. Di Jawa Barat ini, kita harus kondusif. Seperti yang dikatakan Panglima, masyarakat Jawa Barat menerima saudara-saudara kita dari Papua. Kalau ada perilaku dan lain sebagainya, itu hoaks. Kita harus menangkal hoaks. Jawa Barat harus berani menangkal hoaks," kata Kapolda.

Rudy berharap melalui pertemuan ini semua elemen sepakat Jawa Barat sepakat memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat (harkamtibmas) agar tetap dalam keadaan kondusif. "Kalau ada apa-apa, kita selesaikan saja di sini, jangan merembet ke mana-mana," ujar Rudy.

Pangdam-Kapolda Imbau Warga Jabar Tak Terpancing Gejolak Papua



(awd)