alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Aksi Heroik Pejuang Bandung Merebut Gedung NV Dennis dari Tentara Belanda

Arif Budianto
Aksi Heroik Pejuang Bandung Merebut Gedung NV Dennis dari Tentara Belanda
Bank bjb menghadirkan pertunjukan teatrikal Sejarah Gedung NV Dennis di Jalan Braga Pendek, Kota Bandung, Sabtu (31/8/2019) malam. Foto/SINDOnews/Arif Budianto

BANDUNG - Pasukan Sekutu yang ditunggangi penjajah Belanda datang ke Indonesia. Gejolak muncul, termasuk di Bandung.

Pasukan Sekutu datang dengan persenjataan lengkap ke Indonesia pasca dijatuhkannya bom atom di Hiroshima dan Nagasaki, Jepang. Para pejuang Indonesia yang ada di Bandung merasa tak nyaman dengan kedatangan mereka. Apalagi, terjadi pengibaran bendera Belanda di Gedung NV Dennis yang saat ini menjadi Kantor Cabang Utama bank bjb di Jalan Naripan, Kota Bandung.

Kondisi itu memantik amarah para pejuang Bandung. Mereka menyusun strategi untuk merebut gedung tersebut dan mengibarkan Merah Putih di puncak menara. Pertempuran pun tak dapat dihindarkan.



Pertunjukan teatrikal yang digagas bank bjb itu menggambarkan bagaimana suasana pertempuran di Jalan Braga, Asia Afrika, dan Naripan tempo dulu. Pejuang Bandung digambarkan melawan pasukan Belanda yang dilengkapi kendaraan lapis baja. Sementara, pejuang Bandung hanya menggunakan senapan dan bambu runcing.

Namun dengan tekad mempertahankan kemerdekaan Indonesia, para pejuang berhasil mengalahkan pasukan Belanda dan merobek kain berwarna biru pada bendera Belanda, sehingga berkibar bendera Merah Putih hingga saat ini.

Begitulah gambaran pertunjukan teatrikal bertema Festival Djoeang pada Sabtu (31/8/2019) malam. Pertunjukan yang digelar sekitar 1,5 jam itu dimainkan kalangan muda milenial Bandung dan pegiat sejarah. Antusiasme masyarakat menyaksikan pertunjukan pun cukup besar, tampak pada padatnya pengunjung di kawasan itu.

Kegiatan Festival Djoeang Tahun 2019 ini merupakan kali kedua yang digelar bank bjb. Namun, kali ini digelar lebih luas lagi. Teatrikal itu juga disaksikan legiun veteran.

Direktur Utama bank bjb Yuddy Renaldi mengatakan, digelarnya acara ini merupakan sebuah penghargaan kepada veteran dan pejuang yang telah mengorbankan jiwa dan raganya untuk kemerdekaan Indonesia.

"Bagaimana kita menyaksikan para pejuang mempertahankan Indonesia dengan susah payah. Ini momen refleksi buat kita semua bahwa perjuangan tidak didapat melalui tindakan mudah, tapi dengan darah tenaga dan upaya kita semua," kata Yuddy.

Sementara, bagi bank bjb teatrikal ini adalah sebuah refleksi untuk mempertahankan eksistensi bank bjb. Artinya, harus ada upaya bersama dan soliditas bahwa kompetisi itu keras dan harus sama-sama berjuang agar bjb menjadi bank terbaik di Indonesia.

Seperti diketahui, Gedung NV Dennis memiliki nilai sejarah atas kemerdekaan Indonesia. Bank bjb sebagai pewaris landmark bersejarah ini memiliki tanggung jawab untuk mempertahankan nilai-nilai sejarah dan kebudayaan Indonesia.

Tak hanya menggelar pertunjukan teatrikal Sejarah Gedung NV Dennis, acara tersebut juga menghadirkan Pameran Djoeang, gelar budaya, lomba fotografi, dan festival jajanan tradisional.



(zik)