alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Satu Sembuh, Satu Kasus Baru Positif Corona Ditemukan di KBB

Adi Haryanto

BANDUNG BARAT - Seorang pasien yang positif corona atau COVID-19 di Kabupaten Bandung Barat (KBB) dinyatakan sembuh. Namun, temuan baru kasus yang positif juga kembali muncul, sehingga memang perbandingan antara yang sembuh dan terinfeksi masih jomplang.

"Di KBB itu yang positif ada 4, yakni 1 meninggal, 1 dalam perawatan di ruang isolasi RSHS, 1 sudah sembuh, dan 1 orang baru diketahui positif dari hasil rapid test," kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) KBB, Hernawan Widjajanto, Senin (30/3/2020).

Menurut dia, satu pasien yang sembuh itu adalah kasus yang pertama kali muncul di KBB. Pasien sempat dibawa ke RSCK Kota Baru Parahyangan, kemudian dirujuk ke RSHS. Sementara kasus positif baru yang ditemukan adalah warga di Kecamatan Batujajar, berjenis kelamin laki-laki dan berusia 40 tahun.



Dia menduga, yang bersangkutan terpapar virus Corona pada acara keagamaan di Lembang Asri, Lembang, KBB, pada 3-5 Maret 2020, yang memang menjadi salah satu cluster persebaran Corona. Hanya saja masih dipastikan orang tersebut hadir langsung atau terpapar dari jemaat lain yang hadir. "Kini orang tersebut sudah dirawat di ruang isolasi RSHS Bandung," ucapnya.

Lebih lanjut, kata dia, yang kini diwaspadai adalah ibu dari orang tersebut yang dilaporkan mengalami gejala yang mengarah pada Corona. Hal itu bisa dimungkinkan jika yang bersangkutan melakukan kontak dengan anaknya yang sudah positif Corona. Makanya pihaknya sedang menunggu rumah sakit mana yang bisa menerima rujukan pasien.

Kendati begitu, pihaknya belum bisa menyatakan ibu yang bersangkutan juga positif Corona. Hanya kemungkinan status ibu yang bersangkutan masuk dalam kategori Pasien Dalam Pengawasan (PDP).

Tapi jika memang sakitnya ringan dan tidak menunjukan ke arah Corona, maka statusnya masuk ke dalam ODP dan dipantau selama 14 hari ke depan oleh petugas. (Baca juga; 5 Warga Kota Tasikmalaya Positif Corona, Pemkab Tasikmalaya Masih Tertutup)

"Laporannya masih di tunggu, petugas sedang di lapangan. Jika sakitnya ringan maka statusnya ODP, tapi kalau berat masuknya PDP," pungkasnya. (Baca juga; Jenazah Pasien Positif Corona di Tasikmalaya Dikremasi)

Sejauh ini di KBB terdapat 109 ODP, 82 PDP, dan 4 positif Corona. Dari 4 yang positif, 1 meninggal, 1 dalam perawatan di ruang isolasi RSHS, 1 sudah sembuh, dan 1 orang positif baru.

Korban meninggal adalah pendeta asal Parongpong, KBB yang mengikuti kegiatan keagamaan di Lembang. Dia meninggal dunia pada Sabtu (21/3/2020) di ruang isolasi RSHS Bandung dengan status positif. (Baca juga; 5 Warga Kota Cimahi Positif Corona, Dinas Kesehatan Lacak Cluster Lembang)



(wib)