alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Gubernur Sebut Sebaran Corona di Jabar dari 4 Kegiatan, Apa Saja?

Agung Bakti Sarasa

BANDUNG - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyimpulkan bahwa sebaran virus Corona (Covid-19) di Provinsi Jabar terdeteksi dari empat kegiatan yang digelar di Karawang, Bogor, dan Kabupaten Bandung Barat (KBB).

Gubernur yang akrab disapa Kang Emil itu mengatakan, kesimpulan tersebut didapat setelah pihaknya melakukan deteksi terhadap orang-orang yang dinyatakan positif terjangkit Corona yang semuanya menjadi peserta kegiatan tersebut.

Kang Emil mengatakan, kegiatan pertama, yakni Musyawarah Daerah (Musda) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Jabar di Kabupaten Karawang pada 9 Maret 2020. Kedua dan ketiga, yakni dua kegiatan seminar di Bogor, dan terakhir seminar keagamaan di Lembang, KBB.



Oleh karena itu, Kang Emil mengimbau masyarakat yang hadir dalam keempat kegiatan tersebut untuk melaporkan diri ke Dinas Kesehatan (Dinkes) kabupaten/kota setempat dan segera melakukan tes Corona. Kang Emil juga memastikan, rapid test Corona sudah bisa dilakukan pada Rabu 25 Maret 2020 besok. (BACA JUGA: Cellica Positif Terjangkit Corona, Emil Imbau Peserta Musda HIPMI Tes Covid-19)

"Ini semua (tujuh kasus positif Corona di Karawang) adalah hasil tes mandiri. Jadi, kami betul-betul mengambil keputusan yang benar, yaitu melakukan tes mandiri yang hasilnya bisa dicek oleh laboratorium kami sendiri," kata Kang Emil di Rumah Dinas Gubernur Jabar, Jalan Otto Iskandardinata (Ottista), Kota Bandung, Selasa (24/3/2020).

Pemprov Jabar, ujar Gubernur, telah mengantongi data warga yang hadir dalam dua seminar di Bogor dan seminar keagamaan di Lembang. Menurut dia, ada sekitar 2.000 peserta dalam seminar GBI di Lembang tersebut. (BACA JUGA: 12 Hari Isolasi, Kondisi Wakil Wali Kota Bandung Terus Membaik)

"Dua acara di Bogor, satu di lembang, dan satu di Karawang ini adalah temuan dari hasil tes mandiri yang kami lakukan sejak delapan hari lalu. Saya sendiri ikut acara yang Musda Hipmi itu. Saya sudah tes bersama istri dan hasilnya negatif. Tapi, saya akan melakukan tes kedua untuk memastikan keamanan dari kami sendiri," ujar Kang Emil.

Dalam konferensi tersebut, Kang Emil juga melaporkan, ada tiga kepala daerah di Jabar yang positif terinfeksi Corona. Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana dinyatakan positif Corona seusai menghadiri Musda Hipmi Jabar yang digelar di Karawang. (BACA JUGA: Bupati Karawang Cellica Positif Corona, Saat Ini Diisolasi di RS)

"Ada satu lagi kepala daerah di Provinsi Jawa Barat yang positif, yaitu Bupati Karawang Ibu Cellica. Ibu Cellica tadi memberikan informasi yang juga saya sudah tahu terkait hasilnya dan saya sudah minta izin untuk melaporkan," tutur Gubernur.

"Jadi, di Jawa Barat sudah ada tiga kepala daerah (positif Corona). Wali Kota Bogor (Bima Arya), kedua Wakil Wali Kota Bandung (Yana Mulayan), dan ketiga adalah Bupati Karawang (Cellica Nurrachadiana),” pungkas Kang Emil. (BACA JUGA: Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana Positif Terjangkit Virus Corona)



(awd)