alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Jalur Maut Cijamil Telan Korban, 2 Orang Tewas Diseruduk Truk Rem Blong

Adi Haryanto

BANDUNG BARAT - Insiden kecelakaan yang menewaskan dua orang kembali terjadi di jalur maut Kampung Cijamil, RT 03/08, Desa/Kecamatan Ngamprah, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Kamis (19/3/2020) sekitar pukul 13.00 WIB.

Kecelakaan terjadi diduga kuat akibat truk Colt Diesel pengangkut pupuk dengan nomor polisi B 9013 TN mengalami rem blong saat melaju di jalan menurun yang cukup curam dari arah Cisarua menuju Padalarang.

Korban tewas masing-masing Ahsanul Habibi (24) warga Dusun Lor RT 01/03 Desa Astana Langgar, Kecamatan Losari, Kabupaten Cirebon dan Muhammad Rizki Akbar (23) warga Gunung Glalunggung D-17 Nomor 92, RT 05/16 Kelurahan Kecapi, Kecamatan Harjamukti, Kota Cirebon.



Keduanya tercatat sebagai pegawai proyek di gedung DPRD KBB yang sedang dibangun tidak jauh dari lokasi kejadian.

KBO Lantas Polres Cimahi Iptu Dudi Iskandar mengatakan, truk pengangkut pupuk itu melaju dengan kecepatan sedang dari arah Cisarua menuju Padalarang.

Karena kondisi jalan menurun dan cukup curam, kata Dudi, truk kehilangan kendali yang diduga karena rem blong. Akibatnya truk tersebut menabrak sepeda motor Mio dengan nomor polisi E 4660 UB yang ditumpangi kedua korban.

"Sebenarnya 500 meter sebelum tempat kejadian, kernet truk sudah berupaya menahan mobil dengan ganjal namun tidak berhasil. Truk terus melaju dan menghantam motor korban yang datang dari arah berlawanan," kata Dudi ditemui di lokasi kejadian.

Selain menabrak motor korban, truk tersebut juga menghantam dua motor lain dan sebuah mobil minibus yang terpakir di pinggir jalan. Akibatnya tiga orang lain mengalami luka ringan.

Salah satu korban luka adalah perangkat desa bernama Jeje Jaenal Arifin, warga Kampung Sukamaju RT 02/02, Desa Pasir Halang, Kecamatan Cisarua. Jeje sempat meloncat dari motor Honda Win 100 bernopol D 4007 S sebelum terhantam truk.

"Yang luka ringan dua lagi, yakni pengemudi truk dan pengendara sepeda motor," ujar Dudi.

Menurut Dudi, jalur Cijamil memang cukup rawan kecelakaan. Karena itu, Satlantas Polres Cimahi memasang spanduk peringatan agar pengemudi hati-hati saat melintas di jalur Cijamil.

Saksi mata yang juga pemilik kendaraan Isuzu Panther dengan nomor polisi D 1064 YTQ, Yudi Susanto (38) mengatakan, saat itu sedang beres-beres toko. Tiba-tiba terdengar suara seperti ada benda yang terseret dan benturan keras.

Saat melihat ke luar rumah, dirinya menyaksikan sebuah truk yang penuh muatan terjungkal dan menghantam mobilnya yang terparkir di pinggir jalan.

"Saat itu kondisi panik, bahkan ketika truk sudah terguling mesinnya masih nyala. Makanya saya matikan dan mesin serta acuu-nya saya semprot pakai Apar. Korban pekerja proyek yang meninggal di lokasi ada dua, mereka terpental karena motornya dihantam truk," tutur Yudi.



(awd)