alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Harga Masker Biasa di Bandung Melambung Capai Rp350 Ribu Per Kotak

Agus Warsudi

BANDUNG - Harga masker di Kota Bandung melonjak. Bahkan ketersediaan masker di beberapa apotek dan minimarket pun langka, Rabu (4/3/2020).

Kondisi tersebut terjadi menyusul virus Corona atau Covid-19 merebak dan dua warga Kota Depok dinyatakan positif terpapar virus ganas tersebut.

Apotek Jalan Wastukencana dan Jalan Merdeka, Kota Bandung misalnya saat ini kehabisan stok masker. Warga sempat panik dan memborong masker pascapengumuman resmi dua warga Depok positif Corona.



Yani, pegawai apotek di Jalan Wastukancana mengatakan, saat ini stok masker biasa kosong. Yang tersedia hanya masker N95 yang harganya cukup mahal. "Harga masker N95 Rp77 ribu per lembar," kata Yani.

Harga masker biasa pun melambung dan tak dijual satuan. Yani mengemukakan, di apotek tempatnya bekerja menjual masker biasa dengan harga Rp350 ribu per kotak isi 50 lembar.

"Dulu harga satu kotak paling Rp20 ribu. Sekarang satu boks berisi 50 lembar masker, kami jual Rp350 ribu," ujar dia.

Sedangkan Melda, pegawai apotek di Jalan Merdeka mengatakan stok masker biasa dan maskerr N95 saat ini masih kosong. Harga masker biasa Rp6 ribu per lembar. Sebelumnya, masker tersebut dijual dengan harga Rp1.000 per lembar.

"Kamit beli dari distributor dengan harga Rp250 sampai Rp300 ribu per kotak. Tiga hari lalu masih ada stok. Sekarang stoknya kosong," kata Melda.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Saptono Erlangga Waskitoroso mengatakan, Polda Jabar dan polres jajaran sedang melakukan pendalaman terkait dugaan penimbunan masker sehingga menyebabkan kelangkaan di masyarakat.

"Selain mengusut dugaan penimbunan masker, kami juga melaksanakan patroli cyber untuk menangkal hoax terkait Corona ini. Kalau ada penimbunan dan berita hoax, pasti kami tindak sesuai hukum yang berlaku," kata Erlangga.

Sedangkan Kapolres Cimahi AKBP M Yoris Maulana Yusuf Marzuki
mengatakan, berdasarkan pengecekan PT Hetzer Medical Indonesia, pabrik pembuat masker yang berlokasi di Jalan Leuwigajah, Kota Cimahi, produsen tidak mengurangi produksi masker.

"Produksi masker tidak ada kendala dan tetap berjalan normal. Mereka tak mengurangi produksi. Setiap hari mereka (PT Hetzer Medical Indonesia) memproduksi ribuan masker dan distribusikan ke seluruh wilayah Jabar dan Indonesia," kata Kapolres Cimahi, AKBP Yoris. M. Y. Marzuki, saat ditemui, Rabu (4/3/2020).



(awd)